3 Ide Sensory Play Untuk Batita

23.18.00 turiscantik.com 19 Comments




SENSORY PLAY UNTUK BATITA  - Anak saya Alessandro, sejak bayi sudah saya kenalkan dengan permainan yang merangsang motorik halus dan kasarnya.  Saya awalnya tak sengaja belajar sedikit tentang pentingnya tera-play atau terapi bermain dari sebuah Parenting Class oleh dr Tiwi,  seorang dokter anak di klinik tumbuh kembang  bunda jakarta.

Salah satu tera-play yang mudah dan bisa di lakukan sejak bayi adalah sensory play atau permainan yang menggunakan semua panca indra yang dimiliki.

Nah terus apa itu sensory play?


Sensory play berasal dari kata SENSE  dan PLAY.. Kata sense atau yg lebih sering disebut dengan indera, adalah 5 indera manusia yg terdiri dari: penglihatan (mata), penciuman (hidung), pendengaran (telinga), perabaan (kulit) dan perasa/pengecapan (lidah), serta ditambah dengan pergerakan (proprioseptif: otot dan sendi) serta keseimbangan (vestibular: telinga bagian dalam).

sementara Kata play yg memiliki arti bermain. Sehingga sensory play adalah permainan yang mendorong anak-anak untuk menggunakan satu indera atau lebih, misalnya permainan mengejar cahaya, main tebak suara, main mencium beragam bau, main lompat-lompat mengikuti garis, main pasir dan air, dan sebagainya


Sejak tahu dan merasakan manfaat sensory play dalam tumbuh kembang anak,  saya pun mulai banyak browsing permainan apa yang mudah dibuat sendiri di rumah.  Paling gampang cari ide memang di PINTEREST.

Step di Pinterest sangat jelas,  gambar menarik dan mudah di ikuti.  Dari sekian banyak teraplay yang pernah saya buat,  tiga sensory play berikut ini menjadi favorite anak saya. 

1. Mainan Dalam Balok ES 



Bahan - Bahan:

  • waterbeads
  • wadah yang bisa dibekukan dalam lemari es


Cara Nembuat :

Rendam waterbead sebentar agar merekah. Masukkan ke dalam wadah yang telah di isi air, isi separuh air ke dalam wadah, masukkan ke dalam freezer hingga beku. Bila sudah beku masukkan waterbeads dan sisa air bekukan kembali.

Bila siap main, keluarkan balok es dari dalam wadah, masukkan ke dalam baskom atau wadah lain beriisikan air. Siap dimainkan ;)



Permainan ini menjadi salah satu favourite anak saya, paling asik dimainkan pas mandi sore. Biasanya saya juga siapkan palu dari bahan plastik ( bisa dibeli di toko mainan ) biar main lebih asik. Anak berupaya menghancurkan es untuk mengambil waterbead yang ada di dalam balok es. Sensasi rasa dingin es juga membuat anak happy ;)

Kalau ngak punya waterbeads bisa diganti dengan mainan yang kecil atau sesuai dengan ukuran wadah.
Waterbeads bisa dibeli di instagram, bentuknya kecil seperti biji tapi akan membesar saat direndam air. Bila terkena air dalam waktu lama teksturenya akan berubah seperti agar yang hancur. 

2. Spagheti Pelangi 




Bahan - bahan :

  • Spaghetii ( boleh merk apa aja )
  • Pewarna makanan ( maksimal tiga warna )


Cara Membuat :

Rebus spaghetti sampai al dente.  Bagi spaghetti dalam tiga wadah berbeda atau sesuai dengan berapa banyak warna yang mau di kenalkan ke anak. Teteskan dua hingga tiga pewarna makanan ke dalamnya

Permainan ini salah satu favourite saya, karena mudah banget dibuatnya. saya selalu menggunakan taplak meja plastik agar lantai ngak licin dan susah bersihin bekas pewarna makanan. Jadi spahetti saya tuang langsung di taplak, anak bisa langsung memangnya dan belajar teksture juga sekaligus pengenalan warna. Tak perlu takut kalau ngak sengaja ke makan karena pastanya sudah matang, sementara warna juga kan dari pewarna makanan yang aman. Lebih enak lagi kalau warnanya langsung dari buah yang di blender. 


3. Permainan Cat Warna


Nah kalau yang ini sih ngak usah di terangkan secara detail karena bahannya hanya cat warna dan kertas menggambar. Anak saya sih belum diajarin yang susah, hanya garis-garis mudah aja sesuka dia ;)

Bermain bersama anak terutama sensory play diatas ternyata memperkuat BONDING atau hubungan erat antara saya dan anak. Terlebih saya benar-benar mencari ide dan membuat sendiri sensory playnya. Kadang saya menyiapkan ide untuk seminggu dengan mencari ide  melalui PINTEREST.

Biasanya seminggu maksimal dua permainan yang bisa diulang selama seminggu. Anak kadang ALERT nya ngak sampai sepuluh menit, jadi kalau dia kelihatan ngak menarik atau bosan bisa dicoba keesokan hari nya.

Ngak perlu bingung mau main apa hari ini bersama anak, kamu tinggal coba salah satu dari 3 IDE SENSORY PLAY UNTUK BATITA  di atas ya.

Selamat mencoba ya ;) 


Love,
TurisCantik



Keep In Touch With Turis Cantik!

You Might Also Like

19 komentar:

  1. Selama ini saya baru coba yang permainan cat air. Kapan-kapan pengen nyoba yang yang balok es dan spagheti juga ah ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk cobain anak pasti suka :)

      Hapus
  2. Ternyata spagetipun bisa dijadikan mainan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak apalagi dimakan enak hehehe

      Hapus
  3. aku mau coba yg es ah... anakku yg pertama ini saking aktifnya suka bingung sendiri dia mau ngapain lagi... secara krn dia alergi debu, jd permainannya yg kayak boneka2 ato mainan yg jd cepet kotor, ga bisa dimainin... makanya emaknya ini yg suka pusing mikirin mau main apalagi..mentok2 biasanya aku beliin buku2 lg yg untungnya dia suka bgt dibacain buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spaghetii juga cocok untuk anak aktif bisa tambahin garpu atau sumpit buat mainnya sambil pura pura makan :)

      Hapus
  4. sekarang semakin canggih, dulu aku sih mana ada kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jaman saya jg ngak ada yg model begini mak hehehhe

      Hapus
  5. jadi tertarik pengen mencobanya juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mbak lumayan bikin anak happy ;)

      Hapus
  6. Ide baguusss...
    Nyusul nti deh dicobain ke Nolan.

    BalasHapus
  7. Seru banget sih mainnya, De!
    Jadi pengin punya anak kecil lagi deh, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ada yg mau hamil lagi neh hehehe

      Hapus
  8. beras dikasih warna juga bisa Mbak jadi bahan mainan, sayang memilahnya terlalu kecil2 jdi yg misahin cepat bosan sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jarang bkn yg beras krn takut capek bersihinnya hehhehe

      Hapus
  9. wah bagus idenya mbak bisa dipraktekkan ke anak ketika musim liburan ya ...

    BalasHapus