Ayam Taliwang yang selalu bikin kangen!

16.25.00 turiscantik.com 38 Comments



Ayooo jangan ngaku pernah ke Lombok kalau belum pernah mencicipi hidangan khas satu ini. Namanya Ayam Taliwang! Nggak susah kok menemukan berbagai warung tenda, warun pinggir jalan sampai restoran kelas satu yang menyajikan Ayam Taliwang di Lombok.  Ayam dan cara pengolahannya mungkin sama, tapi racikan bumbu setiap warung atau restoran punya rasa yang beda di lidah. 
Nah saya ajak anda ke salah satu warung Ayam Taliwang yang katanya paling enak di Lombok namanya Rumah Makan Taliwang Kania.



Sesuai namanya rumah makan yang satu ini memang di design rumahan banget walaupun ada di dalam jejeran ruko pinggir jalan.  

Letaknya yang berada di pusat kota Lombok dan berada tak jauh dari Mall Mataram membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan banyak turis local maupun mancanegara untuk mencicipi gurih dan empuknya Ayam Taliwang. 
 

Hidangan juara di warung makan ini tentunya Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung.  Ayam Taliwang sebenernya adalah ayam kampung muda yang berusia kira-kira tiga sampai lima  bulan, itulah sebabnya bentuknya kecil.  Ayam bisa di goreng atau dibakar sesuai pilihan anda.  


Ayam Taliwang Bakar

Ayam kampung muda diramu dengan bumbu khas dan rahasia yang membuat daging lunak dan empuk saat dikunyah. Bumbu pedas khas Lombok merasuk ke dalam daging yang membuat anda makan dengan keringat bercucuran hehehe (kombinasi ayam yang panas dan pedas ditambah udara Lombok yang panassss ). Belum lagi Tambahan sambal Beberok yang pedes-pedes asem kecut plusss ditambah plecing kangkung yang pedessss mhhh..nikmat!


Beberok adalah sambal yang terbuat dari campuran terong bulat kacang panjang tomat dan cabai rawit yang dirajang. Nah kalau Plecing kangkung disajikan dengan kacang panjang, tauge, parutan kelapa bakar dan ulekan sambel terasi. Tak lengkap makan Ayam Taliwang tanpa kedua sejoli ini ya hehehe.
Selain Ayam Taliwang warung makan Kania juga menjual gurame, udang bakar dan goreng, cumi dan sop kikil

Plecing Kangkung



Sambal Beberok

Terus gimana rasanya?  Kalau menurut saya sih pedes dan gurihnya daging ayam taliwang di warung Kania emang enak banget. Bumbunya yang rahasia itu meresap bukan hanya ke daging tapi juga sampai ke sumsum tulang. Jangan heran kalau anda menguyah ayam beserta tulangnya sampai tandas ;) overall karena racikannya mungkin beda jadi rasanya memang lebih enak dan khas dibandingkan warung ayam taliwang lainnya yang pernah saya coba di Lombok.  Sayur plecingnya sama aja ya sebernya sama warung lain, sayurnya juga seger. Kalau sambelnya duhhh ini yang bikin kangen karena enak dan pas banget pedes nya.

Enaknya rasa ayam di Warung Kania ternyata punya saingan karena saya pernah cicip enaknya ayam Taliwang yang langsung saya makan di daerah asalnya di kecamatan Taliwang Sumbawa barat NTB. Reviewnya next time ya, yang penting kamu bayangin aja dulu enaknya ayam taliwang ala warung Kania di Lombok ;) 

Mas Anang pernah mampir loh ;)

Foto artis laen yang pernah mampir

Kalau yang ini bukan Artis ya hehehhe

Anyway selamat menunaikan ibadah puasa ya buat anda yang menjalankannya..semoga saat anda baca postingan ini sudah berbuka puasa dan foto-foto diatas tidak mempengaruhi puasa anda heheheh. Semangat!

 

Daftar Harganya neh gannn

Rumah makan ayam taliwang kania

Jl panca usaha cakra Negara Lombok nusa tenggara barat

0370 625547

Follow me : @turiscantik



You Might Also Like

38 komentar:

  1. Huhuhuhuhuhu untung baca ginian pas udah buka puasa. Ngiler ngiler ngilerrrr >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhehe thanks ya udh mampir

      Hapus
  2. aku suka banget sama makanan pedas, wahh bisa nih jadi referensi kl ke lombok..hihi
    sambal beberoknya menggoda haha


    xoxo,
    ♥ Pinastika Beauty Blog ♥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun namanya lucu tapi enak bngt kalau makan nasi panas pakai sambal ini aja udh enakk heheh

      Hapus
  3. Lombok itu tempatnya indah, makanannya jg maknyus ya..
    aaiih penasaran ama sambel beberoknya.. hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya prnh coba bikin sendiri tapi hasilnya kurang manteb hehehe

      Hapus
  4. Enak kayaknya.. Pengen suatu saat ke lombok. Belum pernah soalnya wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lombok salah satu kota yg kulinerannya pas buat saya yg suka pedes

      Hapus
  5. Mau dong ikutan makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo ikutan tapi bayarin ya hehheheh

      Hapus
  6. Aku pernah makan ini, Mbaaaak.. Tapi bukan di Kania.. Heheh.. :P

    Ayamnya bedaaa.. Empuk gurih garing semuaaa jadi satu. Duh.. Mendadak lapeeeerr.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bnyak yg jual ayam taliwang di lombok..wahhh tahan sampai buka puasa ya hahahahh

      Hapus
  7. Aaah, untung daku hari ini tak puasa. Wuenak banget ayam taliwang ini. Kangkung lombok juga khas. Kriyuk-kriyuk, crunchy gitu lo

    BalasHapus
  8. Ngak tergoda dong mbak heheheh

    BalasHapus
  9. Pingiin ke lombok dan pingiin makan ini ayam taliwaang. Huhuu

    BalasHapus
  10. selalu heran ayam taliwang selau disediakan satu ayam full tapi enak sih bikin kenyang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya ayamnya kecil mas kalau ayam negeri mah cuman satu bagian dada hehhehe

      Hapus
  11. saya belum kesampean juga, nih, ke Lombok. Tapi, udah niatin banget kalau suatu saat ke Lombok harus makan ayam taliwang. Karena saya suka banget sama ayam taliwang dan plecing kangkung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an cepet ke sana ya mbak :)

      Hapus
  12. Rasa pedasnya yang paling saya ingat dari Ayam Taliwang... NB: makasih buat artikelnya mba, bisa jadi referensi niyh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sudah mampir mbak :)

      Hapus
  13. Ihhh mbak makananya bikin air liur tumpah hehehe... Ayam taliwang salah satu kesukaan saya :)
    Nah klo sambel beberok bikin saya penasaran karna belum pernah coba... Nanti kalo mampir kesana saya mau coba mbak.

    Salam hangat,
    Zia

    BalasHapus
  14. Sambel beberoknya emang manteb bngt mbak :)

    BalasHapus
  15. Ayam taliwang emang ngangenin banget, bisa makan ayam Taliwang cuma di Lombok, di Solo gak ada :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh sayang banget di solo ndak ada heheheh

      Hapus
    2. Anonim3:48 PM

      di solo ada ayam taliwang tempatnya di bundaran pasar nongko ke utara dikit terus ke kiri buka pagi sampai jam 5 sore....murah dan ensak...pede

      Hapus
    3. wah makasih infonya ya ;)

      Hapus
  16. Hihi...Nama restorannya sama kayak Nama saya..harus ke situ nih Kali aja dapet diskon...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha iya ya mbak bener juga

      Hapus
  17. ayaaam taliwang memang ngg ada matinyaaaa....enaaaaaaak pake bangeeet ..jadi pengeeeen "_"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bikin ketagihan ya hehehhe

      Hapus
  18. Eh, kalau aku biasanya makan yang di mataram. namanya resto em dua bersaudara kalau ga salah :D *kalau ke lombok pasti kesitu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah thanks infonya mas kapan2 mampir ah ;)

      Hapus
  19. wah saya jadi ngiler juga ini mba. :(

    www.penginapanonline.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba cicipin mas kapan2 heheh

      Hapus
  20. Ngiler banget liat ayam taliwangnya, di daerah asalnya memang jauh lebih menggoda ya tampilan ayamnya. kapan ya bisa ke lombok biar bisa makan ayam taliwang sebenarnya. thank you sharing infonya mba Muthia dan salam kenal dari Bali :)

    BalasHapus