Indahnya Pantai Kertasari, Sumbawa Barat NTB

15.41.00 turiscantik.com 32 Comments






Sumbawa Barat dikenal dengan jajaran pantainya yang indah dan sebagian masih ‘perawan’, dari sekian banyak bibir pantai yang saya singgahi Pantai Kertasari menempati posisi atas pantai yang menurut saya paling indah dengan warna laut tosca yang menawan.
Kertasari merupakan nama desa di kecamatan taliwang Sumbawa barat, nusa tenggara barat. Petani desa ini dikenal dengan produksi rumput laut yang berkualitas.

Pantai ini berada di ujung kecamatan taliwang dengan perjalanan penuh jalan berlubang dan berdebu. Ditambah lagi banyak penambangan pasir membuat anda harus menutup rapat kaca mobil. Tapi jangan sampai tertidur di jalan ya, karena dari jarak dua kilometer sebelum desa kertasari bibir pantai sudah bisa dilihat.

Ujung pantai bisa dinikmati dengan hamparan hutan bakau yang menawan warna pantai dari ujung akan berwarna kehijauan tapi gradasi warna akan berganti biru tosca saat anda tiba di muara pantai, Keren banget! Air laut yang jernih dan belum tercemar memang membuat pantai ini memiliki kriteria lokasi budaya rumput laut yang baik.

Jarang ada nelayan di desa kertasari, kebanyakan mereka hanya petani rumput laut tak heran banyak jaring rumpur laut di pantai. Jaring ini digunakan untuk mengumpulkan rumput laut, saat sudah siap panen nantinya rumput laut akan diangkat dan di keringkan.

Hasil budidaya rumput laut akan dikirim ke berbagai kota besar di Indonesia termasuk ke Jakarta. Rumput laut akan di gunakan untuk berbagai keperluan mulai dari makanan, minuman hingga bahan kosmetika.

Desa ini sebenarnya daerah kunjungan wisata yang tidak dipromosikan dengan baik oleh pemda setempat. daerah kunjungan wisata, tak heran jarang ada fasilitas untuk pendatang seperti warung, toilet atau pemandu. Sayang banget karena pantai indah ini hanya bisa dinikmati penduduk setempat dan banyak orang luar desa yang tidak tau betapa indahnya pantai kertasari.

How to get there:

Dari kecamatan Taliwang anda bisa menggunakan angkot Rp 10.000 atau bisa menggunakan ojek Rp 25.000 saya sarankan naik ojek saja karena masuk ke dalam desanya rada jauh
.
Tulisan tentang indahnya pantai lain di sumbawa barat pernah saya tulis di VIVANEWS ;)
Liebe
Muthz


You Might Also Like

32 komentar:

  1. Ananda10:34 PM

    wah aku pernah baca berita itu, ternyata mbak yang nulis ya keren euy!

    BalasHapus
  2. Anonim10:34 PM

    tumbern fotonya cuman satu biji doang wang wang wang wang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada insiden mas atau mbak krn keponakan saya menghapus file foto saya hiks :(

      Hapus
  3. wah samaa... msih bnyak pntai2 di NTT jg blum dijamah sm pmerintah, pdhal klo bs dipromosikan dengan baik pasti ga klah dengan pntai2 di bali dll... pdhal pntai2 di NTT msih alami, pmndangan ny jg bgus bnget.. hehe...

    glorychen.blogspot.com

    BalasHapus
  4. sampai sekarang belum kesampaian menginjakkan kaki di NTB :( *malah curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera ke sana kau dek heheheh

      Hapus
  5. Aduuuuuuh........pantainya bagus (>_<) Pengen bgt travelling kesana,,tapi apa daya,,anak2 msh pada kecil,,agak repot travelling bawa anak2,,travelling sendiri gak mungkin,,sekarang saya travelling melalui foto pny mbak saja,,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhehr iya mbak tapi kalau sama anak banyak juga tempat libran yg asik. Kapan-kapan saya tulis ya :)

      Hapus
  6. Walo fotonya cuma "atu", tp keindahannya bisa terbayangkan....semoga some day bisa kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn..iya fotonya kehapus yg laen hehehe

      Hapus
  7. jarang menjelajah sumbawa, padahal deket dari Lombok.... hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aihh deket banget,ayoo segera ke sana :)

      Hapus
  8. Fotonya cuma satu ya..?
    Pantai berwarna tosca emang keren... mudah-mudahan bisa mampir disini...
    Kunjungi balik blog saya ya... :D

    BalasHapus
  9. Wah pantai ini gak ke-detect pas saya lagi ke NTB. Darn......

    Satu foto sudah lebih dari cukup untuk menggambarkan betapa cantik nya tempat ini. Semoga ada kesempatan untuk mengunjungi tempat ini. Nice review

    BalasHapus
  10. Di Indonesia bagian timur sana pantainya seksi-seksi ya..

    BalasHapus
  11. Wah, saya belum pernah sampai ke NTB, harus dicobain nih kapan-kapan, hihi.

    BalasHapus
  12. Ah jadi kangen ama nich pantai, begitu tenang dan damai :-) Sumpah Keren Banget

    BalasHapus
  13. Elo pasti kangen guling2 dipasirnya ya cum hahahha

    BalasHapus
  14. belummm pernah nginjakkan kaki di sumbawa padahal kalo lombok wis sering...moga dalam waktu dekat bisa melipir ke mari..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari lombok ngak jauh kok , semoga bisa kesana ya :)

      Hapus
  15. gak perlu jauh jauh ke luar negeri
    indonesia bagian timur saja sudah banyak objek yang belum kita datangi ...kerenn mbak :)

    BalasHapus
  16. enak ya maen ke pantai..kalau saya kayaknya terakhir ke pantai pas SMP..keasyikan dengan aktivitas lain jadi lupa maen ke pantai..paling pernah main ke sungai hehehe..mungkin lain waktu mau coba main ke pantai yg di Medan tempat tinggal saya. syukur-syukur bisa ke pantai Kertasari hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. medan juga pasti punya pantai yang indah ya mbak ;)

      Hapus
  17. Sungguh lebih indah kalau pantai sungguhan,
    karna kami di sini tepian sungai kapuas aja di anggap pantai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi tapi hawa sejuk nya ttp dapet kan

      Hapus