Rahasia di Balik Sambal Ulek ala Sumbawa Barat

10.00.00 turiscantik.com 48 Comments


Buat lidah orang indonesia apalagi asal Sumatera seperti saya, makan nggak lengkap tanpa sambal. Di Bandara sebelum mendarat di Lombok, temen saya si  Cumi Lebay udah bilang ‘ pokoknya elo harus coba deh ulekan sambal ala Sumbawa barat,Res! Lah pokoknya”.
Sepertinya Res itu artinya enak ya hehehehe, dan sambil menelan ludah saya udah penasaran sama rasanya sambal ala Sumbawa Barat yang diulek oleh kebanyakan orang yang bekerja di Pt Newmont.


Bahkan menurut si Om Res eh salah Om Cumi,saking enaknya tuh sambel ulek sampai ada pelatihannya. Hebat banget ya bikin sambel pun sampai ada pelatihannya, mungkin biar kalau ada tamu Newmont datang mereka tak kan lupa enaknya rasa sambel Sumbawa Barat. Seperti pepatah taklukan lah pria dari perutnya, mungkin itu juga yang ingin di capai peserta pelatihan membuat sambal hehehe









Saat peserta Bootcamp ada kesempatan tinggal di rumah warga, saya beruntung bisa mengintip Bu Camat Sekongkang bikin sambel ulek itu. Sebenarnya sambal ini sudah sering saya lihat, kalau di Jakarta di sebut sambal tomat.

Bahan-Bahan:


-          Tomat segar
-          Cabai merah,cabai rawit hijau ,cabai rawit merah
-          Jeruk limau
-          Terasi panggang
-          Garam

Cara membuat: 

cuci bersih semua bahan, ulek cabai dan garam sampai halus, tambahkan terasi sedikit,kalau sudah halus pakai tomat segar yang sudah di potong kecil,terakhir kalau sudah halus berikan perasan jeruk limau.


Saat saya coba sambal ini memang ending estaurina enak banget, pas rasa cabainya dan pas rasa tomatnya segerrr!!!


Sebenarnya rahasia enaknya sambal ala Sumbawa ini adalah kesegaran bahan bahan yang diulek, mulai dari cabai , tomat dan jeruk limau di tanam dipekarangan rumah si ibu camat sendiri. Katanya dia tidak pernah mengambil bahan sambal dari kulkas, tapi diambil sesaat sebelum dibuat. Jadi intinya tomat, cabai dan limau segar yang akan membuat sambal ini enak.

Selamat mencoba ;)



You Might Also Like

48 komentar:

  1. Saat belum di kasih jeruk limau, ternyata jauh lebih enak lho.

    Apalagi saat itu turiscantik.com yg ngulek sambil tuch pantat geyal geyol hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha mana foto gua lagi ngulek mas cum dishare dong ;)

      Hapus
  2. Anonim1:13 PM

    aduhhh enak pake nasi panas,ikan bakar dan petai bakar neh mbak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. asikk ada yang suka petai bakar ;)

      Hapus
  3. Turis cantik, saya jadi ngiler ne, heee
    sambal itu enak banget apalagi di kasih daging ayam, heeee
    salam blogger

    http://omsambudy.blogspot.com/2013/04/daftar-dan-dapatkan-uang-dari-ppc.html
    semoga sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa nambah berpiring-piring nasi ya kang hehhehe

      Hapus
  4. wah .. jadi pengen langsung bikin sambelnya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk di coba mbak ely heheheh

      Hapus
  5. sama orang Toraja juga lho kalo makan kurang kalo gak ada sambalnya, itu kalo udah ada sambal yang kayak dishare diatas bisa bisa keluar asap dari mulut.. hahaa

    perlu di coba sambal uleknya, keliatannya gampang... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayukk di coba mbak susan gampang kok ;)

      Hapus
  6. sayangnya sambalnya sendirian aja gak ada temennya, ayamnya lari ya mbak?hehehhe.....

    BalasHapus
  7. Ngak pake ayam mbak,hanya tempe goreng mangkanya ngak saya foto hehebbe

    BalasHapus
  8. makasih resepnya...my hubby loovvvesss Indonesian sambal lho...biasanya beli di supermarket Asia gitu di sini, ada import dari indo...sambal ulek, sambal pete, sambel terasi, dll...tapi kalo bikin sendiri pasti lebih enak!

    i am for sure the coral color would be look so pretty on you...you have a nice skin tone! eksotik...=D

    thx for the nice comment

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba mbak heheh. Yes we are lucky indonesian with tanned skin tone heheh

      Hapus
  9. wah, dibongkar neh rahasianya :D
    enak emang seh makan sambel, tapi setelahnya, perut ane jadi bocor, hihihihi ... #nafsusambel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau makan sambel dong pasti sakit perut mas hehehe

      Hapus
  10. ngebacanya aja bikin ngilerrr... :9
    resepnya ternyata sama aja kayak sambal tomat biasa yah? Mungkin yang bikin berbeda terasinya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terasinya dikiiit aja mbak, selamat mencoba ;)

      Hapus
  11. harus dicoba neh mbak resepnya simpel dan mudah di dapat tapi saya beli di pasar aja krn ngak ada lahan buat bkn sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe memang rada susah ya menanam di jakarta apalagi kalau tinggal di aprtment. beli di pasar sama enaknya kok mbak, tapi pilih yang seger ;)

      Hapus
  12. Itu sambel terasi pke jerus limau? Bwihihihii... Mungkin emang kuncinya ada di cara mengulek nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terasinya dikitt banget,terasa segar tomat tapi ada gurih terasinya.

      Hapus
    2. terasi itu sebagai penyedap rasa saja. Sambel kalau kebanyakan terasi justru malah nggak enak kawan.

      Hapus
    3. Iya kawan jd sambal terasi dong kawan bkn sambal tomat hehehe

      Hapus
  13. makan tanpa sambal emang nggak lahap. Kalau ada sambal makannya jadi lahap karena kepedasan. Bahan-bahan yang segar dan takaran yang pas juga rahasia membuat sambal yang enak kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya punya resep sambal rahasia ya hehehe bagi-bagi dong resepnya

      Hapus
    2. ane nggak punya resep rahasia. Soalnya nggak pernah nyambel. Yang bikin sambel ibuku kak.

      Btw turis darimana kak?

      Hapus
    3. Hehehehe turis dari mana ya..kasih tahu ngakk ya hehehe

      Hapus
  14. thx for supporting me via Youtube...=D next video soon...=) xx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Will wait for the next video nancy :)

      Hapus
  15. Akan lebih nikmat lagi jika ada ikan asinnya mbak. Dijamin jika ada mertua lewatpun, rasanya gak mau negur ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah nasi pulen panas dan lalapan tambah nikmat mas :)

      Hapus
  16. haduh saya ga doyan sambal yang kaya gituan nih mbak.. coba tak kasiin ke istri aja deh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo istrinya suruh bikin hehehe

      Hapus
  17. mmmmmm.....YUUUMMM!!!
    saya pecinta sambel sejati! sayang, makin tambah umur, makin ga bisa makan yang terlalu pedes. Pencernaan langsung lancar banget xp

    ----
    Ayo, ayo, dicoba eye makeupnya. Nanti di post di blog ya.. hihi

    Cheers,
    Dreamy Princess



    BalasHapus
  18. Sekilas kaya sambel pecel lele lamongan ya? Hehehe..
    Tapi mba nya sudah coba sambel seruit lampung belum? Heemmm..
    Itu gak kalah nikmat nya dari sambal sumbawa.. Hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aihh belum mbak,mintaa dong resepnya hehehh

      Hapus
    2. Mari datang kelampung..
      Nanti diajarkan cara membuat sambal seruit khas lampung..
      Makan bersama sambil selonjoran di lantai.. Hihihi

      Hapus
    3. Asikk ada yg mau traktir makan gratis hehehehe

      Hapus
  19. Dibalik makanan yang enak ada sambal yang sedap, dibalik sambel yang sedap ada totalitas pembuatnya. dibalik itu semua ada rasa lapar yang menggila.

    jadi ngiler liat sambalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaba bisa aja mas bikin narasinya

      Hapus
  20. Mungkin skill buat sambel bisa didaftarkan sebagai intangible heritage yaa

    BalasHapus
  21. Anonim10:12 PM

    sambal enak tergantung yang ulek siapa mbak, mungkin yang ngulek emang tangannya yang bikin enak hehehe

    BalasHapus
  22. Terima kasih atas informasinya :)

    BalasHapus