Mengintip Dapur Pt Newmont ( Day 1)

22.27.00 turiscantik.com 19 Comments



Terpaan mentari terik pagi di Lombok membawa langkah saya dan 16 orang lainnya tiba di bandara internasional Lombok.
Hari itu merupakan pertama kalinya saya ke Lombok. Tujuan utama trip ini  ke Sumbawa yang juga belum pernah saya jelajahi. Bonus lainnya addalah melihat langsung tambang Pt Newmont Nusa Tenggara such a trilling bonus right? ;)


Dari Lombok kami naik bis ke sebuah restaurant khas Lombok. Perkenalan pertama dengan Lombok membuat lidah saya dimanjakan dengan makanannya yang pedas. Lombok dikenal dengan pelecong sayur dan ayam pelecingnya yang terkenal sangat amat pedas! Benar saja ayam pedas yang dimakan langsung di Lombok memang beda rasanya. Pedasnya bikin mulut dan lidah panas tapi hasrat hati ingin terus menyuap nasi ke mulut. Dilematis memang ;)

Sambal cobek khas lombok

ikan bakar 


ikan gulai cobek 

Pelabuhan Kayangan 

Nah  abis makan, saya langsung menuju ke Sumbawa. Kami naik kapal speedboat super keren bernama Tenggara. Kami naik kapal dari dermaga khusus karyawan dan tamu PT Newmont Nusa Tenggara  bernama Kayangan. Pemandangan indah menyegarkan mata sepanjang perjalanan ini. Kapal ini pun enak,sejuk dengan ac yang bertiup tak kalau kencangnya dengan hembusan angin laut.



Kepala  rasanya ingin terus menoleh ke jendela karena ada bukit dan laut  yang bersih memanjakan mata saya yang mulai ‘sakit’ karena macetnya ibu kota. Tak terbayangkan bahwa ada eksplorasi tambang di wilayah ini karena launtnya masih sangat bersih dan asri. Bahkan ada wilayah bernama Skongkang yang kabarnya ombaknya keren buat surfing. Tidak heran di speedboat banyak bule-bule tanning yang habis surfing di sana.
Dua jam naik speedboat kami pun tiba di Bennete, Sumbawa. Disinilah tambang Pt Newmont Nusa Tenggara berada!

Mess karyawan 

Selama tiga hari kami akan tidur di kompleks permukiman karyawan yang biasa mereka sebut sebagai Townsite. Sebelum menuju lingkungan tambang kami di breafing tentang what to do and don’t di areal Newmont. Keselamatan pekerja termasuk tamu menjadi prioritas jadi breafing harus dilakukan calon karyawan bahkan tamu seperti saya.
Saya jatuh cinta dengan Townsite Pt Newmont yang meningkatkan saya dengan flat sewaan saya di singapura. Fasilitasnya sangat lengkat mengingat lokasinya yang cukup jauh dan pelosok.Ada klinik center yang lengkap,mulai dari x ray, cek mata dan telingga, sampai ruang bersalin.

pemeriksaan di klinik

Mess karyawan Pt Newmont dibagi menjadi dua wilayah, satu untuk karyawan single dan satu lagi buat yang sudah berkeluarga. Ukuran pun berbeda tentunya yang punya keluarga akan mendapatkan ukuran mess yang lebih besar.
Fasilitas di dalam mess juga cukup bersih dengan fasilitas yang cukup baik karena dilengkapi televisi hingga air dingin dan air panas di kamar mandi.
Paling menarik di Townsite adalah tempat makan karyawan. Makan disini ‘All you can eat’ dengan jam operasional sesuai waktu makan. Ada seruan makan sehat disetiap dinding ruangan. Seruan ini pun ada di setiap dinding ruang dan persis diletakkan di atas makanan atau minuma yang akan anda ambil,bikin ngeri kan heheh. Bahkan seruan dan saran untuk hidup sehat pun ada di piring, panduang makan anda bisa dilihat disana. Tidak ketinggalan sebelum makan ada tempat cuci tangannya maklum kerja di tambang yang berpeluh keringat dan debu sepanjang waktu.

Kantin karyawan 

All you can eat 

Look how the plate 

Mie instant paling enakkk 

Saat memasuki kawasan tambang kita akan dilengkapi name tag nah ini lah yang dipakai untuk makan. Tidak ada name tag atau ketinggal jangan harap bisa makan enak disini.
Saya cinta banget jogging track di Townsite. Ada monitoring berapa kilo anda telah lari, kanan kiri banyak pohon rindang yang membuat langkah kaki ringan saat berlari.


Intinya townsite dibangun untuk membuat pekerja yang mungkin jauh dari rumah dan keluarga merasa nyaman saat  bekerja.


Next ada hari ke dua, saya posting besok ya.

Salam dari Sumbawa ;)


You Might Also Like

19 komentar:

  1. Wow jadi pengen ke Lombok ⌒̈ kok bisa nginep tempat karywan Newmont kak? Itu untuk umum ato current ppl aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lombok memang keren walaupun panas. aku dapat undangan dari newmont, besok-besok aku posting lagi ya. salam dari sumbawa heheheh

      Hapus
  2. aak, keren, kok bisa sampe ke markas besarnya newmont gimana itu caranya? harus jadi karyawan kah? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. diundang newmont pak hehhehe

      Hapus
  3. Anonim9:20 AM

    wow kerennn banget tripnya masuk-masuk ke dapur newmont

    BalasHapus
  4. Miranti H10:33 AM

    mi instant nya look sooo enakkk nyam nyam hehehe

    BalasHapus
  5. tiara4:39 PM

    wow a journey ;)

    BalasHapus
  6. Anonim6:44 AM

    aiiihh jadi kangen kampung halaman

    BalasHapus
  7. ohh kampungnya di lombok ya?

    BalasHapus
  8. ajak aku dong mbak, pingin ikutan ke newmont :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak ah kamu rakus wahahaha

      Hapus
    2. Ih bukan nya kebalik ???? tubuh ku slim lho :)

      Hapus
  9. ada lagi gak buk dokumentasi makanan/ kantin atau fasilitas dapurnya???

    BalasHapus
  10. Anonim4:21 PM

    Hebat.. bermanfaat.. trims ya

    BalasHapus