Berkunjung ke Enviromental Office Pt Newmont Nusa Tenggara

14.42.00 turiscantik.com 6 Comments


Pengelolaan dampak lingkungan atas industri tambang biasanya menjadi perbincangan yang hangat baik pro maupun kontra. Nah untuk menjawab bagaimana Pt Newmont Nusa Tenggara mengelola dampak lingkungan,melestarikan lingkungan termasuk proses reklamasi kami pun berkunjung ke CSR nya Newmont,  lebih spesifik lagi adalah bagian Enviromental.

Pembibitan Tanaman 






Lokasi ini menurut saya tempat paling asri dan nyaman di wilayah tambang Pt Newmont Nusa Tenggara , karena banyak pepohonan dan luas banget tempatnya. Luasnya lahannya ajah satu hektar  yang meliputi berbagai fasilitas antara lain pembibitan ( nursery ) ribuan jenis pohon dan rumah kompos.

Kami pun berkenalan dengan Joni Safaat yang wajahnya mirip Anas Urbaningrum heheheh, beliau menjelaskan mengenai apa saja yang dilakukan di bagian Enviro dan juga mengajak kami langsung berkeliling kantornya.

Mas Anas eh salah Mas Joni hehehe

Bagian pertama adalah Nursery atau pembibitan tanamana. Ada sekitar seratus jenis tanaman khas Sumbawa barat di tempat ini. Salah satunya adalah pohon Binong, yang biasa dikenal sebagai rumah dari burung langka Kakak Tua Jambul Kuning. Pohon-pohon ini diambil dari habitatnya langsung dan bibitnya di rawat untuk dikembalikan ke lahan aslinya yang kini digunakan untuk areal tambang. Pembibitan telah berlangsung sejak tahun 1997. 



Ini dia pohon Binongnya 

Selama tambang beroperasi, tanaman asli setempat memang ditanam kembali sesegera mungkin padda lahan-lahan yang dibuka untuk meminimalkan luas tanah terbuka dan mencegah erosi yang dapat mempengaruhi mutu air.

Mas Joni juga mengajak kami melihat langsung Rumah Kompos organik yang berada tak jauh dari tempat nursery. Kompos ini lah yang akan digunakan untuk memberi pupuk tanaman di nursery , bahannya dari makanan sisa karyawan dll. Bagian Enviromental juga bertanggung jawab untuk memantau kualitas air di sekitar areal Batu Hijau. 

Rumah Kompos



Pt Newmont Nusa Tenggara juga membangun sistem pengelolaan air tambang ekstensif yang dibangun di Batu Hijau mengalihkan aliran air larian dari hutam alami di sekitar tambang ke sungai disekitarnya. Sistem ini juga memastikan air yang terkena dampak penambangan, termasuk resapan dan ari di permukaan Pit tidak akan mengalir ke luar kawasan proyek.

Sistem pengolahan air 



Proses Reklamasi Pt Newmont nusa Tenggara  berlangsung di laut dan darat, kalau nursery ini merupakan bentuk reklamasi. Kalau yang dilaut berupa memantau secara berkala dan simultan mutu air laut untuk memastikan laut tetap aman ( karena tailing ditempatkan di dasar laut ).

sungai di tengah hutan 
Intinya sebenarnya setelah tambang selesai skitar tahun 2031 mendatang, reklamasi dan revegetasi akan diselesaikan guna menyediakan benang lahan yang cocok untuk penggunaan lahan pasca operasi tambang. Reklamasi di tempat penempatan batuan sisa dilakukan selama operasi tambang berlansung, agar dapat mengembalikan sebanyak mungkin lahan ke keadaan semula sesegera mungkin. Nah kalau Dinding Pit tidak perlu direklamasi karena nantinya lubang tambang akan terisi air secara bertahap dan akan dijadikan danau. Keren kan ;)

salam dari Sumbawa

Liebe,
Muthz

for more detail check :

You Might Also Like

6 komentar:

  1. kereen yang ternyata cara mereka tetep melestarikan lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes indeed! thanks for the comment ;)

      Hapus
  2. Anonim3:27 PM

    kayaknya ngak mirip Anas deh..yang di atas fotonya kegemukan over hehehe

    BalasHapus
  3. mantab lestarikan cagar alam,,,,,pasti bisa,,,salam Enviro......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantabb..thanks sudah mampir ke blog saya mas.

      Hapus