Pulau Pari , Kepulauan Seribu Jakarta

07.52.00 turiscantik.com 12 Comments



Jakarta identik dengan kemacetan lalu lintas yang membuat anda stress. Tingkat stress anda pun semakin tinggi bila hujan tiba dan banjir membuat anda serasa ada dipenjara Azkaban ( harry potter’s lover must know this prison so well).

Tapi tahu kah anda bahwa kota ini juga punya surga bagi pelancong yang cinta pantai. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dengan naik pesawat, ribet urus bagasi, cukup naik taksi ke dermaga, beberapa jam naik perahu kayu dan nikmati lah pasir nan lembut di Kepulaun Seribu.


Kepuluan Seribu seperti namanya mungkin punya seribu pulau sayangsaya tidak hapal dan tidak pernah iseng menghitungnya ;). Salah satu provinsi di DKI Jakarta ini tersohor dengan berapa pulaunya misalnya Pulau pramuka, Pulau Harapan, Pulau Tidung ,Pulau Sepa dan beberapa pulau lainnya.

Belakangan dengan banyaknya minat pelancong asal Jakarta dalam beberapa tahun terakhir mulai banyak keluhan bagi wisatawan mulai dari banyaknya sampah,harga yang kian mahal untuk hostel dan air pantai yang keruh. Tipically wisatawan local yang kaget liat pantai kan memang begitu, abis senang senang di laut buang sampah sembarangan. 

Dari sekian banyak pulau di Kepualuan seribu alhamdulliah saya sudah beberapa saya datangi, saya suka pulau pramuka yang besih, kurang suka tidung yang sudah penuh dengan wisatawan local dan rada males ke Sepa karena mahal sejak beberapa resort dimiliki orang asing. 


Awal tahun ini saya kebetulan dapat undangan untuk liburan dua hari di Pulau Pari. Sound unfamiliar karena saya tidak pernah dengar pulau ini sebelumnya. Googling pun kebanyakan travel yang menawarkan paket liburan. Karena penasaran dan memang lagi mau liburan akhirnya saya ikut liburan ke pari lumayan gratis ;)


Perjalanan ke Pari sama dengan pulau –pulau lainnya di kepulauan seribu, anda harus naik perahu kayu di muara angke dengan biaya hanya 30 ribu rupiah per orang . Perjalanan di tempuh kurang lebih 1- 1.5 jam dengan ombak yang lumayan bikin mabok hiks saya benci naik perahu kayu. 

Tapi mabuk laut beberapa jam terbayar dengan indahnya pemandangan di pulau pari. Udaranya sejuk khas pesisir laut, jemari kaki pun dimanjakan dengam lembutnya pasir di pantai pulau pari.

Hari pertama diisi dengan main banana boat. Ini pengalaman pertama saya naik banan boat then I have to admit it was soo fun ;) malah saking senengnya temen saya tiga kali bolak balik naik pisang ini heheheh.




Di pulau pari tidak ada resort, tapi jangan kwatir banyak warga yang menyewakan rumah mereka. Jadi rumah disekat dua, bagian depan untuk tamu ( biasanya ada kamar 2 , kalau orangnya banyak ruang tamu bisa dijadikan ruang tidur juga, dua kamar mandi ) sementara bagian belakang rumah digunakan oleh pemilik rumah. Kebetulan saya menginap di rumah pak RT yang juga ternyata nelayan yang sukses, di ruang tamunya berjejer penghargaan mulai dari tingkat kelurahan sampai nasional. Rumahnya enak, bersih dan ada AC di tiap ruangan ;). 

rumah pak RT

including the jemuran ;)

fasilitas: sepeda warna permen



Setiap rumah akan memberikan anda sepeda sesuai jumlah orang, jangan kwatir tidak kebagian sepeda ya hehhehe. Sepeda ini lah yang akan anda gunakan untuk keliling pulau.





Pulau Pari punya pantai yang dikenal “ Pasir perawan” disebut perawan karena pasirnya yang putih, lautnya yang bersih dan letaknya yang berada di ujung pulau. Saat pagi air laut akan tinggi namun saat sore sebagian air akan surut. Nah yang menarik air akan surut hingga sebuah dataran akan terlihat. Saat pagi dataran ini tertutup air laut tapi saat sore anda bisa jalan di atas dataran tersebut, saya dan teman-teman bahkan bisa yoga bareng disana.



Kalau bosan jalan-jalan dipantai anda bisa mencoba snorkeling. Spot di pulau pari lumayan lah tapi jangan memiliki berharap banyak ya ;) menurut saya terumbu karangnya no so amazing tapi untuk ukuran ngak jauh dari Jakarta udah bagus banget lah.

So let's have fun at Pari ;)


You Might Also Like

12 komentar:

  1. Dan aku belum ke Pari ..... baru minggu depan nich meluncur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantabbb ditunggu cerita-ceritanya ya ;)

      Hapus
  2. mantap juga pantainya, suka foto yg terakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ;) kapan-kapan mampir ya ke pulau pari

      Hapus
  3. nanti berangkat ke pari, itu rumahnya pak ujang kan :) #meluncurrr....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener banget. Selamat berlibur :)

      Hapus
  4. seru bangettt... 2 minggu lagi aku baru mau ke pulau pari. semogaa menyenangkan juga :)

    BalasHapus
  5. Pasti menyenangkan mbak..have fun ;)

    BalasHapus
  6. Punya kontak salah satu homestay di pari ga mbak ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, bisa japri ke email saya ya :)

      Hapus
  7. baru rencana next month nih kesana.. advice dong mbaa.. do's and don'ts untuk wardrobe nya. Takut kalo bawa baju kurang atau kebanyakannn hihii. thank u


    beauty-redemption.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyakin bawa pakaian kaos yang mudah kering krn disediakan jemuran abis ke pantai tinggal jemur, jadi pas pulang ndak perlu bawa pakaian basah dan kotor yang bikin berat.

      Hapus